Cari

Waja Motor. Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Instagram

Kontributor

Back to Top

Facebook

Facebook

Kamis, 23 Juni 2016

6 Cara Mudah Merawat Skutik Agar Performa Selalu Handal dan Ciamik

 

Motor matic semakin tangguh melibas jalanan kalau pemiliknya ‘sayang’ dan tahu cara merawatnya. Jadi, perlakuan spesial haruslah dilakukan.
Cara merawatnya tidak terlalu susah, cukup dengan 6 cara mudah ini, performa skutik kesayanganmu dijamin bakal selalu tangguh disetiap momen berkendara. Yuk, ikuti langkah-langkahnya :


1. Panaskan mesin motor sebelum digunakan
Sempatkan untuk selalu memanaskan mesin skutikmu sebelum digunakan beraktivitas. Dengan memberi kesempatan mesin untuk menyala selama 3 sampai 5 menit, kesiapan mesin dan proses pembakaran jadi lebih maksimal. Tarikan juga akan terasa lebih ringan dan motor semakin nyaman dikendarai.

2. Ganti oli mesin secara rutin
Penggantian oli mesin secara rutin sangat perlu dilakukan agar bagian dalam mesin selalu terlumasi dengan baik. Gunakan oli mesin asli dan menggantinya di bengkel resmi agar motor matic kamu selalu dalam penanganan yang benar.

3. Jangan biarkan persediaan bensin di dalam tangki sedikit
Penting untuk selalu mengisi bensin sebelum benar-benar habis. Selain merepotkan di jalan, tangki bensin yang kosong bisa memicu berbagai kerusakan ringan hingga berat. Mulai dari korosi bagian dalam tangki, munculnya endapan yang menyumbat saluran bahan bakar, rusaknya sistem pengapian hingga pemborosan bahan bakar.

4. Pemakaian stabil
Jangan terlalu sering paksa skutikmu untuk membuka dan menutup katup gasnya secara spontan. Proses pengegasan secara tiba-tiba akan menimbulkan gesekan atau hentakan mendadak pada mesin. Sebab, selain dapat ‘menyedot’ bensin lebih banyak, perilaku seperti itu juga bisa membuat mesin jadi kurang mampu ‘berkompromi’ optimal dalam jangka watu lama.

5. Bersihkan filter udara
Skutik yang berbekal mesin injeksi memberikan keuntungan bagi filter udara. Posisinya yang berada di atas CVT, mudah dibongkar-pasang tanpa perlu mengoprek ke bagian dalam mesin.
Jika tak pernah dibersihkan, debu dan kotoran yang terdapat di filter akan menghambat volume udara yang dibutuhkan mesin, akibatnya pengkabutan tidak berimbang karena lebih banyak menggunakan bahan bakar dibandingkan udara.

6. Cuci skutikmu secara berkala
Yuk, biasakan mencuci motormu secara berkala. Sebab, body motor yang bersih dan kinclong sudah pasti membuat kamu jadi semakin terlihat keren saat menungganginya. Selain itu, performa mesin juga selalu terjaga karena kamu tak memberi kesempatan kepada debu dan kotoran menempel lebih lama pada komponen penting seperti mesin, cakram dan bagian roda.

Nah, jika semua langkah ini kamu terapkan, skutikmu selalu siap menemani rutinitasmu selama bertahun-tahun lamanya tanpa hambatan.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recent Posts

Electric Power Socket
ECO Indikator
LED Head Light
ALL NEW SOUL GT LED Head Light
New Design LED Head Light & Tail Light.
All New X Ride
Back to Top