Cari

Waja Motor. Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Instagram

Kontributor

Back to Top

Facebook

Facebook

Jumat, 07 Agustus 2015

Sepintas tentang VVA pada N-Max

 


Pada matic bongsor Yamha yaitu N-Max terdapat fitur VVA. Apa itu VVA?? VVA adalah kepanjangan dari Variable Valve Actuation yang kalau diartikan secara bebas adalah memberikan variasi kepada aktualisasi bukaan klep. VVA berfungsi untuk menjaga tenaga dan torsi makximum pada semua putaran mesin, termasuk pada titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung menurun. Canggih kan brow sis.... mari kita liat cara kerjanya.....

VVA terdiri dari beberapa bagian penting seperti Selenoid, Syncronizing PIN, Low lift roller rocker arm dan Hi lift roller rocker arm. Jadi cara kerjanya adalah pada saat putaran mesin rendah (dibawah 6000 Rpm) syncronizing PIN belum terkancing sehingga valve intake hanya bekerja buka tutup klep menggunakan low lift roller rocker arm sehingga bukaan klep kecil, pembakaran hanya menggunakan udara dan bbm dalam jumlah sedikit. Saat mode ini bekerja sebenarnya hi lift roller rocker arm juga bergerak naik turun tetapi mengambang dan tidak berpengaruh pada pergerakan klep.

Saat Rpm mencapai 6000 dan kemudian lebih, disitu selenoid mulai merespon dan membuat pergerakan menekan syncronizing PIN kedalam sehingga low lift rocker arm menyatu dengan hi lift roller rocker arm. Ini membuat gerakan klep menjadi lebih besar, bukaan klep juga melebar, asupan udara dan bbm pun menjadi lebih kaya sehingga diperoleh performa yang maksimal.
Jika Rpm kembali turun dibawah 6000, maka selenoid bekerja menarik syncronize PIN sehingga hi lift roller rocker arm terpisah dengan low lift roller rocker arm. Mekanisme ini bekerja secara terus menerus sehingga performa tetap stabil, hal ini bisa dilihat pada grafik berikut.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video berikut :

Keren kan brow sis..... Untuk informasi spesifikasi dan harga bisa cek langsung disini.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recent Posts

Electric Power Socket
ECO Indikator
LED Head Light
ALL NEW SOUL GT LED Head Light
New Design LED Head Light & Tail Light.
All New X Ride
Back to Top